Batam Jadi Pusat Perdagangan Batik ASEAN

10:41:00 Unknown 0 Comments




Batam dicanangkan sebagai pusat perdagangan batik se-ASEAN dalam rangkaian pameran dan pendidikan batik di Batam akhir Desember 2011. 


"Batam dijadikan pusat perdagangan Batik ASEAN karena letaknya yang strategis dan banyaknya Usaha Kecil Menengah yang mengembangkan batik di Batam," kata Ketua Kamar Dagang dan Industri Daerah
Kota Batam Nada Faza Soraya di Batam, Minggu (8/5). 


Selain memasarkan batik Indonesia, Batam juga menjadi daerah perdagangan kain hasil kerajinan negara-negara ASEAN lainnya. Dengan penetapan Batam sebagai pusat perdagangan batik ASEAN, maka diharapkan dapat mengembangkan industri kerajinan batik dan memasarkan batik Indonesia ke negara-negara ASEAN. 

Ia mengatakan sebagai pusat perdagangan batik ASEAN, Kadin bersama beberapa yayasan batik akan mengadakan berbagai pendidikan berikut sosialisasi mengenai batik. 

Menurut dia, pendidikan batik diperlukan, agar masyarakat lebih mengenal kekayaan Indonesia yang diakui dunia. "Masyarakat perlu tahu macam-macam batik, apalagi setelah menjadi world herritage," kata Nada. 

Setiap detail batik, kata dia, memiliki nilai kehidupan yang layak dipertahankan dan diajarkan ke anak cucu. Warna dan lekuk motif batik juga mencerminkan daerah-daerah di Indonesia. Karena setiap daerah memiliki kekhasan batik. 

"Batik ada di hampir seluruh Indonesia, dan setiap daerah memiliki kekhasan masing-masing," kata Nada. 

You Might Also Like

0 komentar: