Ramadhan, Menebar Toleransi, Menuai Harmonisasi

22:06:00 Unknown 0 Comments

Sejatinya, kita sebagai umat muslim wajib menjalankan ibadah puasa di bulan ramadhan. Tak hanya berpuasa dalam sistem pencernaan, namun juga mempuasakan hati dan indera yang selama ini sudah banyak mengurangi pahala dan menambah dosa. Menahan haus dan lapar, menahan pandangan pada yang tak layak dipandang, menahan dan bahkan mengobati penyakit hati seperti benci, iri, dan saling memusuhi.

Ramadhan, bulan yang sangat spesial dan penuh cinta ini, tentu saja sangat disayangkan jika disia-siakan.
Ini adalah momen yang tepat untuk kita menebarkan bulir-bulir toleransi hingga akhirnya kita akan menuai indahnya perdamaian di akhir nanti. 

Layaknya komunitas muslim di Amerika sana. Mereka selalu mengundang penganut agama lain untuk ikut berbuka puasa bersama. Selain untuk membina kerukunan, juga membangun perdamaian antar umat beragama. Sesungguhnya apa yang mereka lakukan adalah hal yang dilakukan pula oleh Nabi Muhammad yang mengundang umat kristiani dan yahudi untuk makan bersama Nabi. Toh kita memang memilki kewajiban untuk menolong mereka yang hidup berkekurangan dan tidak memiliki makanan.

 (http://suaranews.com/2798/cara-muslim-amerika-menyambut-ramadhan)

diakses dari voanews.com 

“sebuah komunitas muslim di Philadelphia dan warga gereja Old St Joseph’s Church, mengadakan acara buka puasa bersama dan menyediakan makan malam bagi publik. Acara buka puasa hasil kerja sama komunitas muslim dan sebuah gereja itu dilakukan di bawah tenda di sebuah taman nasional selama tiga hari. Komunitas muslim yang diwakili Amerika-Turki ini, selain ingin membina hubungan baik antar agama, juga bertujuan ingin mempromosikan kebudayaan Turki.” 

Selain itu, kemudian ada cerita lain dari komunitas muslim di Ohio
“sebuah organisasi muslim di Ohio mengadakan buka puasa bersama tahunan untuk kesembilan kalinya. Acara buka puasa antar agama itu dilakukan di mesjid untuk merayakan bulan suci ramadhan tersebut terbuka untuk umum. Selain berbuka puasa bersama, para tokoh antar agama ini juga melakukan dialog terbuka untuk dapat mengenal islam dan muslim lebih dekat. “

“Di California, Riverside Islamic Center tahun ini juga melakukan acara berbuka puasa bersama antar agama. Mereka mengundang 300 tokoh agama.”

You Might Also Like

0 komentar: