Penghargaan ini, Merintis Semangat yang Sempat Padam

15:53:00 Unknown 6 Comments







Waktu itu masa liburan kuliah, aku sedang di Subang. Dede Anggi dan aku sedang bersenda gurau ala smack down, namun tiba-tiba telepon berdering.

“Wah, nomer Jakarta nih. Haloo Assalamualaikum”
Lalu di seberang sana menjawab, “Wa’alaikumsalam, benar dengan R Indah Ridiani
Hapsss....”
“Riadiani !” Potongku
“Oh iya maaf, Indah Riadiani Hapsarie.. mmm saya Aris dari PSHR, masih inget ga pernah ngirim essay ke Hatta Rajasa Writting Competition ?”
“ya inget lah mas, walopun udah agak lama ya.. hehehe”
“Iya maaf ya, tapi selamat ya, kamu masuk 10 besar dan diundang di acara malam penganugerahannya tanggal 12 september nanti di Jakarta..”
“HAAAAA  ??? YANG BENER MAS ???”
“ya kali saya bo’ong, kamu sekarang di mana ?”
“Subang mas, tapi tanggal 10 juga udah di jakarta ko.”
“ooh bagus kalo gitu, berarti kita tidak perlu menyediakan fasilitas hotel dan akomodasi ya..”
Nyesel banget gue ya Allah ....
“iya mas...”
“Nanti dress code nya batik ya.. undangannya mau berapa ? untuk orang tua atau siapa ?”
“saya minta dua aja deh mas buat mama”
“oke deh, nanti saya hubungi lagi ya ndah, asalamualaikum”
“wa’alaikumsalam”

---

Tebak apa yang aku lakuin abis nutup telepon !! banting hape (ke kasur sih) trus lompat indah dilanjutkan salto dan breuh di hadapan Dede Anggi, hahahahaha ALHAMDULILAH YA ALLAH... SENENG PAKE BANGEET !! hehehe (tapi mungkin Dede Anggi bilang gini “Ya Allah kakak gue ayan”)
Seminggu berlalu, tapi tiba-tiba pesimistis meradang... ada keinginan yang amat menyengat di hati, rasanya aku ingin menang, sudah begitu lama aku tak pernah menerima sebuah piala di atas panggung. Tiba-tiba ingat kakekku yang dulu sering mengantarku lomba pencak silat. Banjir air mata malam itu, entah kenapa semua yang telah meninggalkanku datang menyapa. Kangen aki, kangen bapa, kangen ma nyai, kangen uyut. Kapan lagi aku bisa membuat mereka bangga ? setiap lomba selalu terhenti di nominator, rasanya seperti bernafas, tapi menghisap asap knalpot, sesak. 

Cintaku tak harus huuuu miliki dirimu, meski perih mengiris, iris segala janji (ringtone hape)
Mas Aldo incoming call
(Mas Aldo adalah panitia HRWC yang mengurus pengiriman undangan ke subang)
“Halo mas Aldo”
“ndah, besok jam setengah 4 ke hotel alia ya, yang depan TIM..jangan lupa pake batik, dianter siapa jadinya ?”
“sama Rahmad Syalevi mas namanya”
“siapa tuuh ? kakak ? sodara? Ayah ?”
Tadinya mau bilang kakek, hehehe  “mmmmm heheheheheh”
“oooh boyfriend !!”
“heheheh iya mas, ga apa-apa kan ?”
“ ibu kamu kenapa ga bisa datang ? sayang loh “
Hah? Sayang kenapa yaaa heheh
“ibu aku di subang ga bisa ninggalin dede mas”
“Oh oke deh ga apa-apa, sampe ketemu besok ya.”
--

Jadi, setelah banjir air mata, dilanjutkan dengan senyum-senyum sendiri, mirip irang gesrek kan saya....  tapi enggan menebak-nebak, takut kecewa.
---

Esoknya, pulang kuliah, langsung lirik-lirik baju batik biru yang sengaja di beli di Subang, heheheh ga maksud mewakili warna partai manapun looh, kebetulan aja itu yang paling pas di dompet, maklum waktu itu dompetnya kalo dibuka pasti ngeluarin bendera putih.
Dandan sesederhana mungkin, semprot-semprot minyak nyongnyong andalan dan berkerudung sesimple simplenya. Berangkaaaaat, lele sudah siap mengantar dengan batik coklatnya. Oke, kita mirip ibu dan bapa RT yang mau menghadiri acara sunatan masal di kelurahan. Walaupun uang di dompet tinggal lembaran lesu berwarna biru, tapi kita tetep belagu naik taxi dong. Jujur, mungkin karena baru naik taxi lagi, ko agak pusing gitu ya.. hehehe. Di dalem taxi, aku masih diem seribu bahasa, karena emang pengen mabok deh kayanya. Padahal supir taxinya ngobrol seru tentang Foke sama si Lele, ah wathever lah, pengen cepet nyampe pokonya.



Mungkin saat itu Lele menyadari muka indah udah berubah jadi warna ijo. Akhirnya sebelum masuk hotel (aw, indah dan lele masuk hotel? Hahah) kita nongkrong dulu di depan TIM minum es kelapa.
Di dalem hotel, kita celingukan nyari orang. Dan akhirnya, it’s the first time to see y’all, Mas Aldo, Mas Aris, Mas yang agak berisi badannya (hehe), atha, ibunya atha, isti dan mba icha. Kita makan es krim, minum mix juice dan dessert.. KITA ????  aku doang sih yang paling banyak mesen, hehehe. Ajas opportunity nya dipake ya ndaah, bagus. Ok, may i guess it ? ko kita cuman bertiga ya ? hmm jangan jangan, eh tapi jangan nebak-nebak ndah nanti kecewa, nominator juga udah bagus. Berarti tulisan kamu ga jelek-jelek amat ndah.
Yang paling mengagetkan adalah ketika seorang mahasiswa S2 paramadina, yang juga panitia HRWC menyapa dan berkata “saya sudah kirim undangan ke Pak Anies, tapi sayang beliau sedang di luar kota.” Ha ? berarti ada kaitannya sama BBM bu Rini waktu itu, Pak Anies sempet nanya judul essai ndah apa. Okey, semakin tenang dan anyep anyep ni hati.


Perjalanan menuju TIM, teater kecil, sekitar pukul 18.25. Disambut puluhan karangan bunga ucapan selamat. Wow. Dan yang lebih wow lagi, ternyata ada pasangan domba dan dombi yang pakeannya ko lebih wah dari kita ya. Yap Caca dan Ardi, senangnya kalian datang..
Sesuai jadwal, jam 7 kita menikmati makan malam, dan melewatkan foto gratis di boots foto, kemudian antri memasuki ruangan teater kecil.
Gelap, cuman ada lagu tradisional Indonesia... merinding
Kemudian tirai panggung dibuka, muncullah penari-penari yang menggabungkan tarian tradisional Indonesia.. waaaaaah
Dilanjutkan dengan pidato dari ketua panitia dan Bapak Hatta Rajasa, satu yang saya ingat, beliau berkata “.................................
Saya begitu menikmati pesembahan lagu dari band waktu itu, lupa nama band nya, maaf, tapi terkenal ko. Kita nyanyi sama-sama walaupun agak ngantuk sedikit.
Tapi lebih males lagi pas liat testimoni yang udah kita bikin sebelumnya, oalah malunyaaa hahah



Hingga akhirnya pengumuman juara 3...
Tararararararrarammmmmmmm “ATHAAAA SELAMAAAAT”
Waah aku juara ga yaaaa ? mmmm dag dig dug (eh ga degdegan deng)
Terererererrererreeng yaaaap JUARA DUAAA ... R INDAH RIADIANI HAPSARIE DENGAN ESSAY YANG BERJUDUL INDONESIA KREATIF BUKAN LAGI CERITA FIKTIF.
ALHAMDULILAH YA ALLAH, kaki gemeteran naik ke atas panggung. Aku, atha dan Isti, ya – isti juara satunya J
Aku lurus menatap kursi penonton, di sana, di sudut sana, aku lihat mama, ema, dede, di belakangnya ada bapa yang tepuk tangan, dan aki yang senyum. Ya Allah sedih..... sebenarnya mereka tak ada di bangku itu.
Tapi piala ini untuk mereka, aku sayang mereka.. J
Terimakasih mama yang sudah menginspirasi, aki yang sudah menyemangati, bapa yang sudah banyak memberi ilmu, ema yang sudah setia membesarkanku, dan dede yang sudah melengkapiku. Aku menulis untuk kalian. J






You Might Also Like

6 comments:

  1. Hi Nama saya Egi
    Hahaha, postingan yang bagus. Momen seperti itu layak diceritakan. :)

    ReplyDelete
  2. hai Egi, salam kenal :)
    hehehehe postingan yang santai itu, supaya bisa senyum2 sendiri pas nanti dibaca lagi :)

    ReplyDelete
  3. Hi :)salam kenal juga
    reader oriented atau author oriented nih blognya?

    Bagus. sudah kuliah ya? di parmad?

    ReplyDelete
  4. waaah ternyata peserta sayembara Ahmad Wahib juga :D saya mau follow, tp gatau sebelah mana...
    saya author oriented, heheh
    iya saya kuliah di parmad :)
    mas nya ini kuliah juga ?

    ReplyDelete
  5. Hahaha, iya benar :D
    Saya sembunyiin sih kolom follownya, saya coba tampilin lagi ya

    Saya masih 18thn -_-" even if kata mas bisa ditunjukkan sebagai kesopanan, tapi saya masih belum layak menerima gelar itu. :D

    Tidak, saya punya teman di parmad juga.:)

    Traveller ya? baru cek post terbarunya tadi. :D

    ReplyDelete
  6. ooooo yaa,,, saya memang suka jalan-jalan :)
    saya panggil Ryan aja kalo gitu yaa :)

    ReplyDelete